ROCKET INFO


Lima Tips Mengelola Stok Barang Pada Bisnis Kuliner

17 Oct 2019
...

Tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis kuliner adalah memastikan stok bahan baku tetap aman. Karena seperti yang kita ketahui, bahan baku dalam bisnis makanan tentu rentan rusak dan dapat terbuang sia-sia. Untuk itu jangan sampai bisnis kuliner yang Anda jalankan justru mengalami kerugian karena masalah seperti ini yang terus berulang, Anda harus lebih jeli memperkirakan bahan baku yang dibutuhkan oleh bisnis kuliner milik Anda agar tidak terbuang sia-sia. 

Memiliki manajemen stok yang baik dalam bisnis kuliner seperti outlet Rocket Chicken yang Anda kelola wajib hukumnya. Hal ini menjadi salah satu penentu apakah Anda memiliki banyak pelanggan setia atau justru kehilangan pelanggan. Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis kuliner mengetahui cara mengelola stok barang dan bahan makanan di outlet restoran dengan baik. 

Persediaan barang dan bahan merupakan salah satu roda penggerak paling penting dalam bisnis kuliner atau restoran. Dari persediaan barang inilah Anda bisa melakukan proses pembuatan makanan dan minuman untuk melayani pelanggan. Bahkan melalui persediaan tersebut, Anda bisa mengetahui menu apa yang paling sering di pesan oleh pelanggan dengan melakukan cek jumlah persediaan stok barang. Dengan begitu bisnis kuliner milik Anda dapat berjalan lancar sehingga meningkatkan peluang untuk memuaskan para pelanggan.

Berikut lima tips dalam mengelola stok barang yang dapat Anda terapkan pada bisnis kuliner milik Anda terutama outlet Rocket Chicken yang sedang Anda jalankan kini:

1. Membuat Klasifikasi Inventaris Barang

Yang pertama ada tiga jenis stok yang bisa Anda pisahkan berdasarkan tujuannya, yaitu: inventaris bahan makanan dan minuman, alat makan, dan bumbu-bumbu untuk memasak makanan. Kemudian klasifikasikan berdasarkan cara penyimpanannya. Misalnya jika sayuran, minuman kaleng akan membutuhkan kulkas. Sedangkan untuk bahan baku yang wajib dalam keadaan segar seperti dessert, sup juga membutuhkan pendingin. Sementara daging dan frozen food membutuhkan freezer khusus. Mengelola stok barang juga dapat di klasifikasikan berdasarkan siklusnya. Pisahkan stok yang memiliki siklus pelan dan cepat. Makanan dan minuman memiliki stok cepat, sedangkan peralatan makan dan masak masukkan ke dalam siklus lambat

2. Kumpulkan Data Persediaan Restoran

Hal ini penting dilakukan untuk mempermudah kegiatan menerima, menyimpan, dan mengeluarkan barang dari stok persediaan. Pengumpulan data harus dilakukan secara akurat karena akan menjadi landasan untuk menentukan angka persediaan barang selanjutnya. Pastikan jumlah barang yang ada dalam gudang sesuai dengan data.

3. Perkiraan Jumlah Stok Barang

Lakukan perhitungan dengan cara yang benar, sehingga data yang Anda dapatkan juga akurat. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui jumlah stok barang yang Anda butuhkan untuk periode selanjutnya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan hari-hari spesial seperti Valentine, Hari Ibu, Hari Kemerdekaan dimana sebagian orang akan merayakan hal tersebut bersama dengan teman atau keluarga.

4. Pisahkan Barang Lama Dan Barang Baru

Jika Anda masih memiliki stok lama di gudang, Anda dianjurkan untuk mengeluarkannya terlebih dahulu sebelum memasukkan stok barang yang baru. Sebaiknya Anda mengeluarkan stok yang paling lama dahulu, apalagi jika ada stok yang mudah basi seperti susu atau buah-buahan. Langkah ini bisa membantu Anda untuk menghindari kerugian yang dapat ditimbulkan karena stok barang lama yang masih ada dan mudah busuk.

5. Cek Kembali Sebelum Barang Disimpan

Ada baiknya jangan langsung terburu-buru untuk menyimpan stok barang yang baru datang. Lakukan pengecekan kembali sebelum Anda menyimpannya di gudang. Pengecekan dapat membantu Anda mengetahui jika ada barang yang mengalami cacat, salah pesanan barang, atau kendala lain. Jika ditemukan barang cacat, kumpulkan di satu tempat dan berikan tanda keterangan mengenai barang yang cacat tersebut.

Agar persediaan barang pada outlet Rocket Chicken milik Anda juga aman. Anda harus rutin melakukan pengecekan stok barang. Setiap ada barang atau bahan baku yang keluar masuk, atau pindah tempat, Anda harus mencatatnya. 

Informasi lebih lanjut, hubungi:  

www.rocketchicken.co.id  

Apps Android/iOS: Rocket Chicken

 

Rocket Chicken  Sidomoyo, Godean, Sleman Yogyakarta  

Email: rocketchicken.indonesia@rocketmail.com

nurulquick@yahoo.co.id

info@rocketchicken.co.id

Telp: 0818 277 981 (kemitraan)


TOP